Valbury

Teman Trading Terpercaya Anda



EUR/USD Ambil Tawaran Menuju 1,0550 Jelang Data IFO Jerman, Resesi dalam Fokus



forex 24 Jun 2022


  • EUR/USD menambah kenaikan mingguan pertama dalam empat minggu di tengah sesi yang tenang.
  • Kekhawatiran terhadap resesi membuat pasar tidak pasti, dolar AS gagal melacak imbal hasil yang lebih kuat.
  • Pidato hawkish ECB dan sejumlah komentar berulang dari Powell The Fed mendukung para pembeli.
  • Data sentimen IFO Jerman untuk bulan Juni, dan data AS tingkat kedua dapat menghibur para pedagang.

EUR/USD memperbarui tertinggi intraday di dekat 1,0530 karena akan menghentikan tren turun tiga minggu selama sesi Asia hari Jumat. Kenaikan terbaru pasangan mata uang utama ini dapat dikaitkan dengan kelemahan dolar AS karena para pedagang bergegas menuju obligasi pemerintah AS di tengah adanya kekhawatiran terhadap resesi.

Meskipun demikian, Indeks Dolar AS (DXY) bergerak naik-turun di sekitar 104,40, setelah menghentikan tren turun tiga hari pada hari sebelumnya. Meski begitu, pengukur Greenback tersebut tetap dalam perjalanan

untuk membukukan penurunan mingguan pertama dalam empat minggu.

Kekhawatiran Ketua The Fed Jerome Powell terhadap resesi bergabung dengan data IMP AS yang suram akan mendukung para pembeli Greenback pada hari sebelumnya. Namun, menyebutkan masalah inflasi dan resesi sebagai tantangan untuk memastikan pendaratan yang mulus, meskipun mengharapkan pertumbuhan yang lebih kuat tahun ini, membebani DXY.

Perlu dicatat bahwa IMP AS yang suram juga menambah penghindaran risiko dan memicu permintaan safe-haven dolar AS. IMP Jasa Global S&P untuk AS merosot ke 51,6 di bulan Juni dari 53,4 sebelumnya, serta meleset dari perkiraan 53,5. Lebih lanjut, IMP Manufaktur tidak hanya meleset dari ekspektasi pasar 56 dengan selisih lebar di bulan Juni, menjadi 52,4 versus 57,00 sebelumnya, tetapi juga merosot ke level terendah hampir dua tahun.

Di sisi lain, Menteri Ekonomi Jerman Robert Habeck membunyikan alarm kekurangan gas dengan mengumumkan langkah ke tahap dua dari rencana gas tiga tahap di tengah berkurangnya aliran dari Rusia. Selain itu, Bank Sentral Eropa (ECB) menerbitkan Buletin Ekonomi pada hari Kamis, menggarisbawahi tantangan terhadap ekonomi dari inflasi yang lebih tinggi. Buletin ECB juga menyebutkan, "Dewan Pengatur akan memastikan bahwa inflasi kembali ke target 2% dalam jangka menengah."

Perlu dicatat bahwa anggota Dewan Pemerintahan dan kepala bank sentral Jerman Joachim Nagel menyebutkan pada hari Kamis bahwa "Risiko dari ekspektasi inflasi yang tidak akan dipatok telah meningkat dalam beberapa bulan terakhir." Pengambil kebijakan itu juga mengatakan, "Jika kebijakan moneter tertinggal dari keadaan saat ini, kenaikan suku bunga yang lebih kuat mungkin diperlukan untuk mengendalikan inflasi."

Terlepas dari pesimisme pasar, acuan indeks Wall Street ditutup positif karena imbal hasil obligasi pemerintah yang suram. Namun, Kontrak Berjangka S&P 500 naik 0,30% sementara imbal hasil obligasi 10-tahun pemerintah AS tetap menguat di sekitar 3,09%, setelah turun ke level terendah dua minggu pada hari sebelumnya.

Ke depan, data IFO Jerman untuk bulan Juni akan menjadi sangat penting setelah ekonomi terkuat di blok itu mengisyaratkan kekhawatiran akan krisis energi. Meskipun demikian, IFO – Iklim Bisnis diperkirakan akan turun ke 92,9 dari 93,0 sementara Penilaian Saat Ini juga kemungkinan akan melemah ke 99,0 dari 99,5. Namun, IFO – Ekspektasi kemungkinan akan meningkat ke 87,4 dari 86,9, yang pada gilirannya dapat membantu para pembeli EUR/USD.

Selain data IFO Jerman, Penjualan Rumah Baru AS untuk bulan Mei dan sejumlah komentar dari Wakil Presiden ECB Luis de Guindos juga tampak penting untuk arah EUR/USD jangka pendek.

Analisis Teknis

Mengingat sinyal MACD yang lesu dan RSI yang stabil, ditambah dengan kemampuan harga untuk pulih dari support penting, pasangan EUR/USD kemungkinan akan berlari menuju rintangan SMA 200 di sekitar 1,0585.

Di antara support utama, SMA 50 dan area horizontal yang terdiri dari beberapa level yang dicatat sejak pertengahan Mei, masing-masing di dekat 1,0495 dan 1,0470-60, mendapatkan perhatian utama.